Proses Fotosintesis pada Tumbuhan

proses fotosintesis pada tumbuhan

Tumbuhan merupakan makhluk hidup yang mempunyai ciri-ciri sama seperti hewan dan manusia, yaitu bernafas, bergerak, berkembang biak, dan membutuhkan makanan. Namun, terdapat satu kemampuan tumbuhan yang berbeda dengan makhluk hidup lain. Tumbuhan dapat menghasilkan makanannya sendiri melalui proses fotosintesis atau disebut dengan makhluk hidup autotrof. Proses fotosintesis pada tumbuhan terjadi melalui beberapa tahapan.

Fotosintesis adalah proses pembuatan makanan oleh tumbuhan dengan menggunakan air, karbondioksida, serta bantuan cahaya matahari. Proses fotosintesis dapat dilakukan oleh tumbuhan yang memiliki zat hijau daun atau klorofil serta dilakukan pada siang hari karena membutuhkan sinar matahari.

Proses Fotosintesis

Tahapan-tahapan dalam proses fotosintesis, yaitu :

  1. Karbondioksida di udara masuk ke daun tumbuhan melalui stomata.
  2. Air masuk ke daun melalui akar tumbuhan yang disalurkan oleh batang.
  3. Sinar matahari jatuh ke permukaan daun dan ditangkap oleh klorofil.
  4. Energi sinar matahari tersebut akan mengubah air menjadi oksigen dan hidrogen.
  5. Hidrogen yang dihasilkan digabungkan dengan karbondioksida untuk menghasilkan zat makanan bagi tumbuhan. Sedangkan oksigen dilepaskan ke udara melalui stomata.

Fotosintesis pada tumbuhan menghasilkan berbagai zat yang berguna bagi makhluk hidup yaitu karbohidrat, oksigen, dan air. Karbohidrat yang dihasilkan yaitu dalam bentuk glukosa yang dijadikan sebagai bahan dasar pembentuk dinding sel tumbuhan. Selain itu, glukosa juga disimpan sebagai cadangan makanan dalam bentuk buah, batang, atau akar. Oksigen yang dihasilkan dalam proses fotosintesis juga bermanfaat bagi lingkungan.

Selain tumbuhan ternyata masih ada organisme lain yang dapat melakukan fotosintesis. Organisme tersebut yaitu plankton. Plankton termasuk organisme renik yaitu hewan kecil yang hidupnya di air. Plankton yang melakukan fotosintesis termasuk dalam golongan fitoplankton. Hasil dari fotosintesis ini yaitu oksigen yang jumlahnya sangat besar.

Manfaat Fotosintesis bagi Manusia dan Hewan

Fotosintesis tidak hanya bermanfaat bagi tumbuhan, namun juga memiliki berbagai manfaat untuk manusia dan hewan. Dengan adanya fotosintesis oleh tumbuhan, manusia dan hewan akan mendapatkan oksigen. Selain itu zat-zat yang dihasilkan dalam proses fotosintesis dapat bermanfaat sebagai bahan makanan dan sumber energi bagi makhluk hidup lain, yaitu tumbuhan, manusia, dan hewan. Dalam rantai makanan, tumbuhan berperan sebagai produsen karena menjadi sumber makanan bagi makhluk lain.

Peristiwa fotosintesis hanya dapat dilakukan pada siang hari serta harus memenuhi beberapa syarat, yaitu adanya cahaya matahari, zat hijau daun, air, dan karbondioksida. Jika salah satu syarat tersebut tidak terpenuhi maka fotosintesis tidak akan terjadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here