Soal Menentukan Ide Pokok Disertai Jawabannya

Pada soal menentukan ide pokok sebuah paragraf, peserta didik diminta untuk berpikir lebih luas. Dalam menentukan ide pokok peserta didik harus bisa menemukan kalimat utama. Pada kalimat utama tersebut dapat disusun beberapa kata yang mewakili seluruh paragraf tersebut.

Soal Menentukan Ide Pokok Paragraf

Soal 1

Penggunaan biogas sebagai sumber energi alternatif memilki banyak keunggulan. Biogas dapat mengurangi polusi tanah dan air. Biogas juga berbahan alami sehingga ramah lingkungan. Selain itu, sisa pembuatan biogas bisa dimanfaatkan untuk pupuk organik.

Ide pokok paragraf tersebut adalah ….

A. keunggulan penggunaan biogas
B. bahan ramah lingkungan
C. sisa pembuatan biogas
D. polusi air dan tanah

Jawaban: A

Pembahasan:

Kalimat utama paragraf tersebut berada pada awal paragraf. Dari kalimat utama tersebut dapat diambil ide pokok berupa keunggulan penggunaan biogas.

Soal Ide Pokok 2

Kebakaran hutan menimbulkan pencemaran udara. Kabut asap yang tebal dapat memberikan dampak yang sangat besar bagi kesehatan terutama pernapasan dan indra penglihatan. Paparan asap menimbulkan gangguan pernapasan seperti bronkitis, pneumonia, dan penyakit paru-paru. Selain itu juga menimbulkan iritasi mata hingga penglihatan kabur sementara jika asap itu terlalu tebal. Oleh karena itu, pemerintah sebaiknya segera menangani masalah pencemaran udara.

Ide pokok paragraf tersebut adalah …

A. Dampak pencemaran udara akibat kebakaran hutan.
B. Penyebab paling utama pencemaran udara adalah kebakaran hutan.
C. Pencemaran udara menyebabkan bronkitis, pneumonia, dan masalah paru-paru.
D. Pencemaran udara dari kebakaran hutan memberikan dampak negatif bagi kesehatan.

Jawaban: A

Pembahasan:

Kalimat utama paragraf tersebut berada di awal paragraf. Dari kalimat utama dan kalimat penjelas tersebut dapat diambil ide pokok berupa dampak pencemaran udara akibat kebakaran hutan.

Soal 3

Pohon memberikan berbagai manfaat bagi manusia dan juga makhluk hidup lainnya. Pohon bermanfaat sebagai sumber makanan, obat, maupun bahan industri. Salah satu peranan pohon yang paling penting bagi manusia dan segala makhluk hidup adalah menghasilkan udara segar.

Ide pokok dari paragraf tersebut adalah ….

A. Manfaat pohon bagi kesehatan makhluk hidup
B. Manfaat pohon bagi manusia
C. Manfaat pohon bagi makhluk hidup
D. Manfaat pohon sebagai sumber makanan

Jawaban: C

Pembahasan:

Kalimat utama paragraf tersebut berada di awal paragraf. Dari kalimat utama tersebut dapat diambil ide pokok berupa manfaat pohon bagi makhluk hidup.

Soal 4

Kain-kain sisa atau perca bisa dibuat menjadi boneka atau tempat penyimpanan serbaguna. Berbagai cara pembuatan boneka dari kain perca dapat dicari melalui internet. Kamu tidak akan kesulitan untuk membuat barang-barang dari kain perca.

Ide pokok paragraf di atas adalah ….

A. Manfaat daur ulang koran bekas
B. Manfaat daur ulang kain perca
C. Cara daur ulang kain perca
D. Mengumpulkan kain perca

Jawaban: B

Pembahasan:

Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada akhir paragraf. Dari kalimat utama tersebut dapat ditentukan ide pokoknya yaitu manfaat daur ulang kain perca.

Soal 5

Hutan lindung merupakan penghasil oksigen yang dibutuhkan manusia. Sebagai tempat resapan air raksasa, hutan lindung membantu pengelolaan air tanah. Keberadaan hutan lindung juga dapat dijadikan kawasan wisata. Itulah berbagai manfaat hutan lindung.

Ide pokok paragraf tersebut adalah ….

A. hutan lindung mengelola air tanah
B. kawasan wisata di hutan lindung
C. berbagai manfaat hutan lindung
D. hutan lindung penghasil oksigen

Jawaban: C

Pembahasan:
Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada akhir paragraf. Kalimat utama tersebut dapat ditentukan ide pokoknya yaitu manfaat hutan lindung, karena manfaatnya lebih dari satu maka dapat menjadi berbagai manfaat hutan lindung.

Soal 6

Menjaga protokol kesehatan selama PTM sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan seluruh warga sekolah. Guru dan para siswa harus terbiasa memakai masker dengan benar. Tempat duduk siswa di kelas diatur jarak amannya. Untuk menjaga kontak yang berlebihan, para siswa tidak diperkenankan membawa bekal makanan.

Ide pokok paragraf tersebut adalah….

A. kebiasaan menjaga protokol kesehatan
B. pengaturan tempat duduk siswa di kelas selama PTM
C. larangan yang harus dipatuhi selama pelaksanaan PTM
D. pentingnya menjaga protokol kesehatan semala pelaksanaan PTM

Jawaban: A

Pembahasan:
Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada awal paragraf. Dari kalimat utama tersebut dapat ditentukan ide pokoknya yaitu kebiasaan menjaga protokol kesehatan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here