4 Strategi Pemasaran Agar Mencapai Tujuan

strategi pemasaran

Pemasaran adalah hal yang sangat penting dalam suatu bisnis yang sedang dijalani. Untuk Anda yang sedang memulai bisnis, Anda harus belajar menyusun strategi pemasaran dengan baik agar bisnis yang dijalani dapat berjalan lancar. Hal ini dapat dibilang gampang-gampang susah karena Anda harus pintar dalam menentukan langkah. Bila salah langkah, tentu saja tujuan yang diinginkan tidak dapat tercapai dengan maksimal.

Ada beberapa cara yang dapat Anda coba dalam strategi pemasaran agar tepat sasaran. Tentu saja ini membutuhkan analisis yang cermat dan juga sesuai dengan keadaan yang dihadapi. Untuk lebih mengetahui caranya, Anda dapat mencoba beberapa tips berikut ini.

Strategi Pemasaran agar Mencapai Tujuan Secara Tepat

1. Menentukan pangsa pasar

Hal paling mendasar dalam strategi pemasaran adalah menentukan pangsa pasar. Dalam tahap ini Anda dituntut untuk melihat peluang yang ada. Anda harus tahu betul produk yang Anda jual akan ditujukan untuk siapa saja, rentang umur berapa ataupun untuk kalangan masyarakat seperti apa. Apabila Anda sudah mengetahuinya, tentu saja akan lebih mudah dalam memilah konsumen.

Dengan memasarkan barang ke konsumen yang benar-benar tepat sasaran, maka barang yang dipasarkan akan lebih mudah terjual. Itu artinya Anda tidak membuang waktu dan tenaga secara sia-sia. Selain itu saat barang yang dipasarkan tepat tujuan, kita juga akan tahu kekurangan apa saja yang harus diperbaiki agar mendapatkan kualitas yang lebih baik.

2. Memasarkan dengan bantuan media sosial

Saat ini jaman semakin maju dan hampir semua orang memiliki gadget. Hal ini tentu saja peluang yang bagus untuk Anda dalam memasarkan dagangan Anda. Ada banyak sekali media sosial yang dapat membantu bisnis Anda. Dengan media sosial, akan lebih banyak lagi orang yang mengetahui barang atau jasa yang Anda jual sehingga Anda akan lebih cepat mendapatkan konsumen.

Cara ini memiliki banyak keuntungan, salah satunya Anda juga akan lebih hemat biaya karena tidak harus memasang iklan. Cukup membuat akun dan mempostingnya, maka orang yang membaca dan berminat pasti akan menghubungi Anda. Sangat mudah sekali untuk mendapatkan banyak keuntungan dalam waktu yang singkat.

3. Uji publik sebelum dipasarkan secara luas

Sebelum memasarkan secara luas, Anda dapat melakukan uji public terlebih dahulu. Cara ini akan lebih efektif bagi Anda untuk melakukan evaluasi sebelum memproduksi atau memasarkan dalam jumlah yang lebih besar. Salah satu caranya adalah dengan memasarkannya ke orang terdekat. Misalnya saja apabila yang Anda jual adalah makanan, Anda dapat memberikan tester kepada orang di sekeliling Anda.

Mintalah kritik dan saran tentang produk Anda tersebut dan usahakan meminta pendapat ke banyak orang agar lebih tahu yang terbaik. Karena setiap orang pasti punya pendapat yang berbeda-beda. Hal yang mungkin harus dibenahi adalah dari kualitas, kemasan ataupun harganya.

4. Menentukan harga

Bila Anda ingin memasarkan suatu barang atau jasa, Anda harus pandai menentukan harga. Jangan sampai Anda mematok harga yang terlalu mahal dan membuat orang enggan untuk melirik barang yang dijual karena ada yang lebih murah dengan mutu lebih baik. Namun jangan juga mematok harga yang terlalu rendah dan membuat Anda merugi.

Nah, setelah mengetahui strategi pemasaran apa saja yang harus dicoba, segeralah menyusun rencana. Anda harus berfikir kreatif dalam memasarkan, gunakanlah cara yang kreatif dan lain daripada yang lain sehingga akan lebih menarik perhatian konsumen. Bila kita tidak membuat gebrakan, kita akan kalah saing dengan yang lainnya dan tujuan yang diharapkan tidak akan berbuah maksimal. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here