Suaka Margasatwa di Indonesia dan Contohnya

Makhluk hidup di bumi memiliki sifat ketergantungan antara satu dengan yang lain. Manusia memerlukan makhluk hidup lain seperti tumbuhan dan hewan untuk memenuhi kebutuhannya. Manfaat hewan bagi manusia sangat banyak yaitu sebagai sumber makanan, untuk membuat kerajinan dan hiasan, serta terdapat bagian hewan yang bisa mengobati penyakit. Namun pemanfaatan hewan harus dilakukan secara terkontrol dan tidak berlebihan. Jika populasi hewan semakin berkurang perlu dilakukan upaya perlindungan terhadap hewan tersebut melalui suaka margasatwa di Indonesia.

Pengertian Suaka Margasatwa

Suaka margasatwa adalah  kawasan hutan yang digunakan sebagai tempat perlindungan bagi hewan yang terancam punah dan telah ditetapkan oleh pemerintah serta masyarakat. Selain itu, suaka margasatwa juga merupakan tempat hidup dan berkembangbiak berbagai spesies hewan langka dengan ekosistem yang masih asli. Suaka margasatwa termasuk tempat perlindungan in situ yaitu perlindungan hewan di habitat aslinya.

Contoh Suaka Margasatwa di Indonesia

Terdapat berbagai contoh suaka margasatwa di Indonesia, karena banyak spesies hewan yang keberadaannya tergolong hampir punah.

  • Suaka Margasatwa Muara Angke

Suaka margasatwa Muara Angke merupakan kawasan konservasi yang terletak di Jakarta Utara. Suaka margasatwa ini berupa hutan mangrove yang menjadi habitat bagi satwa dan pengatur fungsi hidrologis. Terdapat beberapa jenis burung dan hewan liar yang dilindungi di Suaka Margasatwa Muara Angke, misalnya burung cerek jawa, prenjak jawa dan monyet ekor panjang. Namun, adanya pencemaran limbah dan sampah dari Sungai Angke menjadi ancaman tersendiri bagi ekosistem di Suaka Margasatwa Muara Angke.

  • Suaka Margasatwa Bawean

Suaka Margasatwa Bawean terletak di Surabaya, Jawa Timur. Kawasan ini sebagai habitat serta perlindungan terhadap hewan endemik Rusa bawean yang keberadaannya terancam punah. Selain itu, terdapat beberapa spesies hewan di kawasan Suaka Margasatwa Bawean, seperti babi hutan, musang, landak, burung walet, dan ayam hutan.

  • Suaka Margasatwa Balai Raja

Suaka Margasatwa Balai Raja terletak di Kabupaten Bengkalis, Riau. Kawasan ini merupakan habitat dan tempat perlindungan gajah sumatera yang keberadaannya terancam punah. Selain itu terdapat juga beberapa spesies harimau sumatera, beruang madu, tapir, biawak dan siamang.

  • Suaka Margasatwa Cikepuh

Suaka Margasatwa Cikepuh terletak di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Kawasan Suaka Margasatwa Cikepuh merupakan kawasan perlindungan bagi satwa langka yaitu penyu hijau sehingga sangat diperlukan adanya upaya untuk mempertahankan keberlangsungan satwa tersebut. Namun, terdapat juga beberapa hewan lain yang dilindungi, seperti banteng, kancil, owa, lutung, burung rangkong, burung merak, dan burung elang.

  • Suaka Margasatwa Pulau Kaget

Suaka Margasatwa Pulau Kaget merupakan kawasan suaka alam yang terletak di Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan. Kawasan ini sebagai habitat asli bekantan atau monyet berhidung panjang yang saat ini populasinya mengalami penurunan. Oleh karena itu, Suaka Margasatwa Pulau Kaget difungsikan sebagai tempat perlindungan dan pelestarian bekantan. Namun, kawasan ini juga sebagai tempat tinggal bagi beberapa jenis hewan lain, seperti lutung, monyet ekor panjang, burung kipas, betet, dan trucukan.

Terdapat beberapa suaka margasatwa yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia sebagai tempat perlindungan dan pelestarian khusus hewan yang terancam punah serta memiliki keunikan tersendiri dengan ekosistem yang masih asli.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here