Tips Memilih Laptop ASUS Berdasarkan Pengalaman

Tips Memilih Laptop ASUS

Teknologi semakin berkembang dan berbagai brand laptop berlomba-lomba membuat produk yang spesifikasinya semakin baik dari masa ke masa. Untuk Anda yang tertarik dengan brand ASUS, Anda dapat memilih laptop ASUS yang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu pikirkan juga budget yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda. Ada banyak hal lain yang harus Anda pertimbangkan agar nantinya mendapatkan produk yang pas dan cocok.

Tips memilih laptop ASUS

1. Pilihlah prosesor yang tangguh

Saat memilih laptop, Anda harus menganalisis terlebih dahulu kebutuhan Anda dengan laptop tersebut. Dengan melakukan analisis ini Anda akan tahu prosessor yang seperti apa yang cocok untuk menunjang kinerja Anda. Karena untuk tujuan gaming, mengolah multimedia, dan lain sebagainya membutuhkan prosesor yang berbeda pula.

Bila Anda ingin spesifikasi prosesor yang tinggi, Anda juga harus siap dengan harga yang mahal. Misalnya saja bila Anda ingin laptop ASUS untuk mengerjakan multimedia, Anda bisa memilih prosesor intel core. Yang terkenal siap untuk mengeksekusi hal yang berkaitan dengan multimedia adalah intel core i5 sehingga dapat diandalkan dengan baik.

Namun bila Anda hanya membutuhkan laptop untuk mengerjakan pekerjaan yang standar misalnya browsing dan mengetik, Anda dapat menggunakan prosessor AMD. Ini sudah lebih dari cukup dan dijamin tidak akan terjadi lag saat penggunaan. Sedangkan bila untuk gaming, pilihlah prosesor yang tinggi spesifikasinya karena tergolong aktifitas yang berat. Anda dapat memilih laptop ASUS dengan prosesor AMD A8.

2. Memilih RAM yang berkapasitas besar

Selain memilih prosesor yang cocok, jangan lupa juga memilih laptop ASUS yang memiliki RAM besar. Kinerja RAM akan mempengaruhi kecepatan kinerja laptop sehingga tidak lelet. Oleh karena itu pilihlah laptop yang memiliki RAM kurang lebih 4 GB. Dengan kapasitas ini, laptop dapat menjalankan program dengan lebih lega dan lancar sehingga tidak menjadi lelet.

RAM dalam laptop memiliki fungsi sebagai tempat menyimpan sementara sebelum disimpan di hardisk. Bila untuk menjalankan software yang berat berarti Anda membutuhkan RAM yang lega agar kinerjanya tidak terbebani. Bila laptop terbebani, biasanya akan terjadi lag atau hang sehingga berhenti sementara dan tidak bisa dioperasikan. Secara tidak langsung hal ini akan mengganggu kenyamanan dan kelancaran kerja Anda.

Baca: Bisnis Mahasiswa Tanpa Modal yang Menjanjikan

3. Memilih layar monitor yang berukuran sesuai dengan keinginan

Ukuran monitor ini juga berpengaruh sekali dengan kenyamanan pemakaian. Ukuran yang dipilih tentu saja berdasarkan kenyamanan Anda. Ada yang menyukai ukuran kecil sehingga praktis untuk dibawa ke mana saja. Namun ada juga yang menyukai ukuran besar terutama untuk orang yang sudah berumur dan merasa kesulitan dan kurang nyaman memakai monitor kecil.

Bila Anda ingin yang berukuran sedang, Anda dapat memilih laptop ASUS dengan ukuran 14 inci. Ukuran ini paling nyaman untuk urusan apa saja mulai dari mengedit video, design grafis, mengerjakan tugas sederhana sampai dengan gaming. Tapi kembali lagi ke selera dan kebutuhan Anda sehingga pemakainya dapat merasa benar-benar nyaman.

Nah, memilih laptop ASUS sebenarnya bukan hal yang sulit. Yang terpenting kita juga harus tahu untuk tujuan apa kita membelinya. Bila hanya untuk mengerjakan tugas ringan harian, berarti Anda tidak harus membeli yang berspesifikasi tinggi. Karena tentu saja semakin bagus spesifikasinya, semakin tinggi pula harganya. Pertimbangkan juga dengan budget yang Anda miliki sehingga nantinya tidak merasa terbebani dengan harganya. Semoga tips ini membantu Anda dalam mengambil keputusan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here