Tips Memulai Usaha Agrobisnis Untuk Sampingan

usaha agrobisnis

Ada banyak cara untuk mendapatkan penghasilan dari usaha sampingan dan salah satunya adalah dari usaha agrobisnis. Agrobisnis adalah usaha yang berbasis pada pertanian mulai dari hulu sampai ke hilir. Mungkin masih sangat sedikit sekali yang berminat untuk menggelutinya karena merasa tidak memiliki lahan untuk melakukannya. Padahal peluang usaha ini masih sangat terbuka lebar. Apalagi kebutuhan pangan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia setiap harinya.

Untuk Anda yang memiliki hobi bercocok tanam, ini saatnya memanfaatkan hobi Anda untuk menambah penghasilan. Hal ini juga dapat dilakukan oleh ibu-ibu rumah tangga agar memiliki penghasilan tambahan. Selain itu, Anda pastinya akan lebih menghemat pengeluaran untuk berbelanja karena dapat memetiknya sendiri dari hasil Anda berkebun. Pasti akan sangat menyenangkan karena Anda mendapatkan dua keuntungan sekaligus. Berikut ini adalah tips untuk Anda yang tertarik dengan usaha agrobisnis.

Tips Memulai Usaha Agrobisnis

1. Memanfaatkan lahan

Bila Anda hanya memiliki lahan yang kecil, jangan merasa berkecil hati untuk memulai usaha agrobisnis ini. Anda dapat menggunakannya untuk menanam berbagai jenis sayuran yang masa panennya relatif singkat. Dengan hal ini Anda akan lebih cepat mendapat penghasilan dari penjualan sayuran tersebut.

2. Memasarkan ke konsumen akhir

Bila Anda menjual hasil panen ke pedagang sayur, mereka pasti akan membelinya dengan harga yang murah. Hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan memasarkannya langsung ke konsumen akhir seperti ke tetangga rumah sehingga Anda dapat memperoleh laba yang lebih tinggi. Selain itu tetangga pasti akan merasa terbantu karena tidak harus pergi ke pasar dan mendapatkan sayuran segar yang baru saja dipetik.

3. Menggunakan sistem hidroponik

Untuk Anda yang tidak memiliki lahan, Anda dapat menggunakan sistem hidroponik. Namun Anda sebaiknya mempelajari dahulu  teknik perawatan dan budidaya dengan hidroponik agar dapat berjalan sesuai harapan. Karena Anda akan mengeluarkan lebih banyak modal untuk membangun tempat hidroponik ini dan pastinya tidak ingin mengalami kerugian.

4. Memasarkan sayuran organik

Seiring berkembangnya waktu, masyarakat semakin sadar akan manfaat mengkonsumsi sayuran organic yang terhindar dari pestisida. Ini adalah peluang untuk Anda karena harga dari sayuran organic ini akan cenderung lebih tinggi. Anda bisa memperluas pasaran Anda dengan menjualnya di supermarket.

Baca: Tips Jitu Menjadi Wirausaha Sukses untuk Pemula

5. Menanam tanaman obat

Sebagian besar masyarakat Indonesia masih banyak yang memilih pengobatan secara tradisional sebagai obat penyakit dibanding dengan obat buatan pabrik. Hal ini juga merupakan peluang usaha bagi Anda. Anda bisa menanam jahe, daun sirih, kunyit, lengkuas, rosella, temulawak dan lain sebagainya.

6. Menjual tanaman hias

Apabila Anda memiliki hobi mengkoleksi tanaman hias dan merawatnya, tidak ada salahnya bila Anda mulai menjadikannya sebagai usaha sampingan. Anda dapat mengembangbiakkan tanaman hias yang dimiliki dan menjual bibitnya. Pastinya hal ini akan menyenangkan karena hobi Anda dapat mendatangkan penghasilan tambahan.

7. Budidaya jamur

Anda dapat juga memulai usaha dengan budidaya jamur karena peluangnya masih terbuka lebar. Apalagi sekarang banyak sekali kuliner yang sedang hits dengan bahan baku jamur. Jenis jamur yang paling banyak peminatnya adalah jamur tiram. Yang harus Anda lakukan untuk memulai usaha ini adalah menyiapkan tempat, media tanam dan bibitnya. Setelah tumbuh dan cukup umur Anda dapat memanennya dan menjualnya langsung atau mengolahnya menjadi makanan dan dipasarkan.

Ternyata banyak sekali peluang usaha yang masih terbuka di bidang usaha agrobisnis. Sekarang saatnya Anda memilih untuk mencoba yang paling Anda sukai dan sesuai dengan keadaan lahan yang dimiliki. Usaha ini tidak memerlukan banyak waktu untuk perawatan dan cocok sekali sebagai usaha sampingan yang dapat meningkatkan perekonomian Anda. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here