Urutan Planet dalam Tata Surya dan Ciri-Cirinya

Urutan Planet dalam Tata Surya

Makhluk hidup seperti manusia, tumbuhan, dan hewan dapat hidup di permukaan bumi yang merupakan salah satu planet dalam tata surya. Tata surya adalah kumpulan benda langit seperti planet, satelit, dan benda langit lainnya yang bergerak mengelilingi matahari. Matahari sebagai pusat tata surya merupakan sebuah bola pijar yang berukuran sangat besar dan tersusun atas gas hidrogen dan helium. Terdapat urutan planet dalam tata surya yang beredar mengelilingi matahari.

Urutan Planet dalam Tata Surya

Planet adalah benda langit yang termasuk dalam tata surya yang beredar mengelilingi matahari pada suatu lintasan. Lintasan tersebut dinamakan orbit. Planet dapat melakukan perputaran pada porosnya sendiri yang disebut dengan rotasi. Selain itu, planet juga melakukan perputaran mengelilingi matahari disebut dengan revolusi. Urutan planet dalam tata surya, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus.

1. Merkurius

sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Merkurius

Merkurius adalah planet yang berukuran paling kecil dalam tata surya dan paling dekat dengan matahari. Planet ini memiliki perbedaan suhu yang ekstrem antara siang dan malam. Pada siang hari suhunya mencapai 430˚C dan suhu pada malam hari mencapai -183˚C. Permukaan Merkurius dipenuhi dengan cekungan-cekungan berupa kawah dan lembah. Planet Merkurius merupakan salah satu planet yang tidak memiliki satelit dan atmosfer karena letaknya yang terlalu dekat dengan matahari.

2. Venus

sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Venus

Venus sering dijuluki sebagai bintang kejora, bintang fajar, atau bintang senja karena tampak bercahaya sangat terang dan dapat terlihat menjelang matahari terbit atau setelah matahari terbenam. Venus merupakan planet kedua yang letaknya dekat dengan matahari. Venus memiliki lapisan atmosfer tebal yang mengandung karbondioksida dan memiliki suhu paling panas dalam tata surya yaitu mencapai 470˚C. Sehingga permukaannya kering dan terdapat gurun serta bebatuan. Sama seperti Merkurius, Venus merupakan planet yang tidak memiliki satelit.

3. Bumi

sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Bumi

Bumi merupakan satu-satunya planet yang terdapat kehidupan di dalamnya. Bumi merupakan planet ketiga dari matahari yang diselimuti oleh lapisan atmosfer yang tersusun atas nitrogen, oksigen, dan gas lain. Lapisan atmosfer berfungsi untuk melindungi bumi dari radiasi sinar matahari serta benturan benda-benda langit yang jatuh ke bumi. Bumi memiliki satu satelit alami, yaitu bulan.

Baca Juga: Benda Langit Selain Planet

4. Mars

sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Mars

Planet Mars dijuluki sebagai planet merah karena jika dilihat tampak berwarna kemerah-merahan yang mengandung besi oksida. Permukaan Mars terdapat kawah, lembah, gurun, dan gunung. Planet ini juga memiliki lapisan atmosfer yang mengandung banyak karbondioksida namun ukurannya lebih tipis daripada atmosfer bumi. Planet Mars mempunyai dua satelit alami, yaitu Phobos dan Deimos.

5. Jupiter

sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Jupiter

Planet Jupiter adalah planet terbesar dalam tata surya dengan ukuran mencapai 11 kali ukuran Bumi. Jupiter termasuk planet gas karena tidak memiliki permukaan padat. Permukaan planet Jupiter tersusun atas gas dalam jumlah besar, seperti hidrogen, helium, dan unsur lain yang bergerak mengelilingi Jupiter. Selain itu, planet ini juga memiliki jumlah satelit terbanyak mencapai 67 satelit alami.

6. Saturnus

sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Saturnus

Saturnus adalah planet terbesar kedua setelah Yupiter. Planet Saturnus mempunyai diameter sepuluh kali lebih besar dari ukuran bumi. Ciri-ciri paling menonjol dari Saturnus yaitu terdapat cincin besar yang melingkarinya. Cincin tersebut terbentuk dari miliaran gumpalan es dengan ukuran yang berbeda. Permukaannya terdiri dari helium, hidrogen, dan es serta tidak memiliki permukaan yang padat.

7. Uranus

sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Uranus

Uranus merupakan planet ketujuh dari matahari yang tampak berwarna hijau kebiru-biruan. Planet Uranus juga memiliki cincin tipis yang melingkarinya secara vertikal. Suhu permukaan Uranus sangat dingin, yaitu mencapai -210˚C. Planet ini memiliki 27 satelit.

8. Neptunus

sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Neptunus

Neptunus merupakan planet terjauh dari Matahari yang tampak berwarna biru. Sehingga memiliki suhu permukaan yang paling dingin yaitu mencapai -218˚C. Ukuran diameter dan struktur planet Neptunus hampir sama dengan Uranus. Planet Neptunus juga termasuk planet gas dengan atmosfer yang tersusun atas kumpulan gas, seperti hidrogen, helium, metana, dan es.

Pengelompokan Planet dalam Tata Surya

Berdasarkan letak dan bentuknya, planet-planet dalam tata surya dikelompokkan menjadi dua, yaitu :

Planet dalam

Planet dalam adalah planet yang terletak di antara Matahari dan sabuk asteroid. Selain itu, planet dalam memiliki lapisan luar yang padat berbentuk batuan dan logam. Planet dalam terdiri dari, Planet Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars.

Planet luar

Planet luar adalah planet yang terletak di luar sabuk asteroid dan terbentuk dari kumpulan gas hidrogen dan helium. Serta memiliki ukuran yang besar dan jumlah satelit yang banyak. Planet luar terdiri dari, Planet Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Planet dalam tata surya memiliki lintasan orbit yang berbeda-beda sehingga akan beredar sesuai dengan lintasan orbitnya masing-masing. Dengan demikian, planet satu dengan planet yang lain tidak akan bertabarakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here